Sejarah
Interaksi Manusia Komputer
Disini saya
memulai dengan bagian sejarah Interaksi Manusia Komputer atau sering disingkat
menjadi IMK , mungkin disini saya akan menjelaskan awal mula manusia
berinteraksi dengan komputer secara singkat berikut beberapa sajarah yg saya
rangkum dari berbagai sumber.
- Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, dan ini adalah awal mula IMK berawal walaupun mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
- komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
- Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Paradigma
Interaksi Manusia Komputer
1. Time-sharing
Satu komputer yang mampu mendukung banyak user dan meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem
2. Video Display Unit (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits
Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya
Satu komputer yang mampu mendukung banyak user dan meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem
2. Video Display Unit (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits
Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya
4. Personal Computing
Mesin berukuran kecil yang powerful dan dirancang untuk pengguna tunggal
5. Windows System dan WIMP (Windows, Icon, Menu and Pointers) Interface
Suatu sistem window yang memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi dengan komputer dalam berbagai aktivitas dan topik yang berbeda
6. Metaphor
Digunakan untuk mengajarkan konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya, misalnya spreadsheed adalah metafora dari akuntansi
7. Direct Manipulation
Manipulasi langsung memungkinkan user untuk mengubah kondisi internal sistem dengan cepat, misalnya konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get)
8. Language Versus Action
Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan inteface. Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user
9. Hypertext
Metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara random.
10. Multi-modality
Sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa saluran komunikasi pada manusia, misalnya visual (mata), haptik atau peraba (kulit) dan audio (telinga)
11. Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
Dirancang untuk memungkinkan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk, misalnya e-mail
KONSEP
DASAR IMK
Apa
konsep dasar IMK dibuat?? Untuk apa IMK diciptakan ?? mungkin inilah sebagian
pertanyaan dari kita yang muncul dibenak kita saat mendengar IMK, sebenarnya
IMK itu banyak berguna khususnya untuk manusia , berikut saya paparkan sedikit
konsep dasar IMK :
1.
Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan
2. Untuk membantu dari Segi keindahan Dari
konsep dasar IMK tersebut tentu akan menghasilkan
sebuah Tujuan antara lain:
1. menghasilkan sistem yang dapat di
gunakan (Usable)
2. Memiliki manfaat (Useful)
3. Ramah terhadap pengguna (User
Friendly)
Kesimpulan
: Interaksi Manusia dan Komputer dapat diartikan sebagai suatu disiplin ilmu
yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari system
computer interaktif untuk mendukung kegiatan manusia. Dengan adanya hubungan yang
interaktif antara manusia dengan computer atau berinteraksi dengan computer,
maka segala kegiatan manusia dapat diatasi dalam waktu yang singkat dan mudah.
mengapa
kita butuh imk ???
mungkin
kita bertanya-tanya mengapa kita membutuhkan interaksi manusia dan komputer??
Apakah
kita memang membutuhkannya??
Disini
saya akan menjawab menurut pendapat saya…
Benar
kita membutuhkan sebuah interaksi manusia dengan komputer karena kehidupan
sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya sebuah komputer dan hampir semua
pekerjaan manusia membutuhkan yamg namanya komputer untuk mempermudah pekerjaan
kita oleh sebab itu tanpa kita sadari kita/manusia berinteraksi dengan
komputer.
Berikut
tujuan utama IMK adalah untuk:
1. Membuat sistem yang lebih Berguna (usable)
Aman Produktif Efektif Efisien Fungsional
2. Meningkatkan interaksi antara manusia dgn
sistem komputer Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem
tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan
dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan
(usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem
yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak,
tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan
organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan
(usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah
digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas
mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas
dan efesiensi kerjanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar