Senin, 23 Maret 2015

INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER



Sejarah Interaksi Manusia Komputer
Disini saya memulai dengan bagian sejarah Interaksi Manusia Komputer atau sering disingkat menjadi IMK , mungkin disini saya akan menjelaskan awal mula manusia berinteraksi dengan komputer secara singkat berikut beberapa sajarah yg saya rangkum dari berbagai sumber.
  • Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, dan ini adalah awal mula IMK berawal walaupun mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
  • komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
  • Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Paradigma Interaksi Manusia Komputer

1. Time-sharing

Satu komputer yang mampu mendukung banyak user dan meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem

2. Video Display Unit (VDU)

Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data

3. Programming Toolkits

Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya


4. Personal Computing

Mesin berukuran kecil yang powerful dan dirancang untuk pengguna tunggal

5. Windows System dan WIMP (Windows, Icon, Menu and Pointers) Interface

Suatu sistem window yang memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi dengan komputer dalam berbagai aktivitas dan topik yang berbeda

6. Metaphor

Digunakan untuk mengajarkan konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya, misalnya spreadsheed adalah metafora dari akuntansi

7. Direct Manipulation

Manipulasi langsung memungkinkan user untuk mengubah kondisi internal sistem dengan cepat, misalnya konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get)

8. Language Versus Action

Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan inteface. Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user

9. Hypertext

Metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara random.

10. Multi-modality

Sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa saluran komunikasi pada manusia, misalnya visual (mata), haptik atau peraba (kulit) dan audio (telinga)

11. Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

Dirancang untuk memungkinkan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk, misalnya e-mail

KONSEP DASAR IMK
Apa konsep dasar IMK dibuat?? Untuk apa IMK diciptakan ?? mungkin inilah sebagian pertanyaan dari kita yang muncul dibenak kita saat mendengar IMK, sebenarnya IMK itu banyak berguna khususnya untuk manusia , berikut saya paparkan sedikit konsep dasar IMK :
1. Untuk membantu dari Segi kemudahan penggunaan
 2. Untuk membantu dari Segi keindahan Dari konsep dasar IMK tersebut tentu akan   menghasilkan sebuah Tujuan antara lain:
1. menghasilkan sistem yang dapat di gunakan (Usable)
 2. Memiliki manfaat (Useful)
3. Ramah terhadap pengguna (User Friendly)
Kesimpulan : Interaksi Manusia dan Komputer dapat diartikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari system computer interaktif untuk mendukung kegiatan manusia. Dengan adanya hubungan yang interaktif antara manusia dengan computer atau berinteraksi dengan computer, maka segala kegiatan manusia dapat diatasi dalam waktu yang singkat dan mudah.
mengapa kita butuh imk ???
mungkin kita bertanya-tanya mengapa kita membutuhkan interaksi manusia dan komputer??
Apakah kita memang membutuhkannya??
Disini saya akan menjawab menurut pendapat saya…
Benar kita membutuhkan sebuah interaksi manusia dengan komputer karena kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya sebuah komputer dan hampir semua pekerjaan manusia membutuhkan yamg namanya komputer untuk mempermudah pekerjaan kita oleh sebab itu tanpa kita sadari kita/manusia berinteraksi dengan komputer.
Berikut tujuan utama IMK adalah untuk:
 1. Membuat sistem yang lebih Berguna (usable) Aman Produktif Efektif Efisien Fungsional
 2. Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar